MEMBUNUH NYAMUK DENGAN SENGATAN LISTRIK

MEMBUNUH NYAMUK DENGAN SENGATAN LISTRIK

Pertanyaan:
“Ini adalah surat yang telah sampai dari seorang penanya yang berinisial Ba’ Mim Shad Mim, ia mengatakan pada pertanyaan yang pertama:
‘Apakah diperbolehkan membunuh serangga dengan sengatan listrik, terlebih lagi sekarang telah tersedia alat elektronik dalam bentuk bohlam bercahaya dengan warna tertentu yang dapat menarik perhatian serangga-serangga tersebut. Apabila mereka  menyentuhnya, maka akan tersengat listrik dan mati tanpa terbakar?”

🔊 Dijawab oleh al-‘Allamah asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin رحمه الله تعالى :

✍ “Iya, tidak mengapa yang seperti itu, dalam rangka membunuh nyamuk atau yang semisalnya dari jenis-jenis serangga. Dikarenakan perbuatan ini tidak termasuk dalam permasalahan menyiksa dengan api, serangga tersebut akan tersengat bukan terbakar. Kemudian, bahwa terkadang gangguannya tidak dapat dihilangkan, kecuali dengan alat tersebut. Apabila gangguannya tidak dapat diusir kecuali dengan membakar, maka hal tersebut tidak mengapa.

❗ Hal tersebut (diperbolehkan) dikarenakan maksud dari larangan bahwa tidak boleh menyiksa dengan api kecuali Allah ‘Azza wa Jalla yaitu apabila manusia melakukannya karena ingin menyiksa dengan api, bukan karena ingin menghilangkan gangguan dengannya.

✏ Sehingga menghilangkan gangguan tidak termasuk dalam perbuatan menyiksa.”

📥 Sumber: http://binothaimeen.net/content/12186

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

السؤال:

هذه رسالة وصلت من سائلة رمزت لاسمها ب م ص م تقول في السؤال الأول: هل يجوز قتل الحشرات بالصعق الكهربائي، حيث إنه يوجد الآن أجهزة كهربائية على شكل لمبات مضيئة بلون معين تجذب إليها الحشرات، فإذا لامستها هذا الحشرات تصعق كهربائياً فتموت دون أن تحترق؟

الجواب:

الشيخ: نعم، لا بأس بذلك من أجل قتل البعوض ونحوه من الحشرات؛ لأن هذا لا يدخل في  التعذيب بالنار؛ إذ إن هذه الحشرة تصعق صعقاً لا احتراقاً، ثم إنه ربما لا يمكن دفع أذاها إلا بهذا، فإذا لم يمكن دفع أذاها إلا بالإحراق فلا بأس، وذلك لأن المقصود من النهي أنه لا يعذب بالنار إلا الله عز وجل هو أن الإنسان يريد أن يعذب بالنار لا أن يدفع الأذى بالنار، فدفع الأذى غير التعذيب.

📥 http://binothaimeen.net/content/12186

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *