APAKAH SALAFIYYIN TERMASUK AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH?

APAKAH SALAFIYYIN TERMASUK AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH

🎙 Oleh: Al-Ustadz Ruwaifi bin Sulaimi, Lc حفظه الله

7⃣3⃣ Bagaimana hadits Nabi Tentang 73 golongan, semua masuk neraka kecuali 1 golongan yaitu ahlussunnah wal jama’ah. Apakah salafiyyin termasuk ahlussunnah wal jama’ah ❓ Mohon Nasehatnya.

Jawab:

👉🏻 Rasul ‘alaihishshalatu wassalam ketika menyebutkan golongan yang selamat, beliau tidak mengatakan ahlussunnah wal jama’ah. Yang beliau katakan adalah maa ana ‘alaihil yauma wa ashhaabii – orang-orang yang berada di atas prinsip, di atas jalanku dan para sahabatku berada pada hari ini.

❓Siapakah orang – orang yang berada di atas prinsip,di atas jalannya Rasulullah dan para sahabatnya ❓Mereka adalah orang – orang yang dikenal dengan ahlussunnah wal jama’ah.

👍🏾   Ahlussunnah wal jama’ah yang sejati yang betul – betul semua dibangun di atas jalan Rasulullah dan para sahabatnya.

❌ Bukan dari sisi aqidah mengambil madzhab Asy’ari, kemudian dari sisi ibadah mengambil madzhab Syafi’i, kemudian dari sisi suluk dan moral mengambil madzhab tasawwuf. Bukan…..

✔ Tetapi  Ahlussunnah aqidahnya mengambil dari aqidah Rasulullah dan para sahabatnya, ibadahnya mengambil ibadah Rasulullah dan para sahabatnya, dan suluk/moral/budi pekertinya juga mengambil dari Rasulullah salatu ‘alaihi wassallam dan para sahabatnya serta para ulama yang mengikuti jalan ini dengan sebaik-baiknya.

↔ Nama lain dari Ahlussunnah wal jama’ah adalah Assalafiyyun. Dikatakan Assalafiyyun karena mereka mengikuti jejak _Assalafus Shalih.

Assalafus Shalih mereka adalah para sahabat Rasul ‘alaihissalatu wassalam.

Assalafus Shalih para pendahulu yang terbaik. Siapa mereka❓para sahabat Rasul ‘alaihissalatu wassalam.

Sebagian lagi memasukkan para tabi’in dan _atba’u tabi’in, 3 generasi utama umat ini.

👣 Nah… Assalafiyyun adalah orang-orang yang mengikuti jejak mereka dengan sebaik-baiknya. Maka, Assalafiyyun yang sejati  adalah nama lain dari Ahlussunnah wal jama’ah yang sejati pula.

↔ Nama lainnya adalah al Firqatun Najiyah , nama lainnya pula adalah ath  Thaifah al Manshurah. Nama yang berbeda-beda, namun  hakikatnya satu…

✋🏻 Tidak dibatasi oleh organisasi tertentu, tidak dibatasi oleh daerah tertentu, negara tertentu..

👉🏻Apa batasannya ❓batasannya adalah maa ana ‘alaihil yauma wa ashhaabii – *orang-orang yang berada di atas jalan dan prinsipku serta para sahabatku pada hari ini.

 

************
Transkrip audio tanya jawab: Kepada Siapa Kita Mengambil Ilmu? | Daurah Islam Ilmiah 3 hari SENGKANG -SIDRAP di Masjid Al Fattah Aressi’e – Sulawesi Selatan | Ahad 28 Jumadil Akhir 1438 H/ 26 Maret 2017|

Download Rekamannya : http://salafymakassar.net/audio-kajian-ilmiah-sengkang-sidrap-1438h/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *